MUSYAWARAH DESA KEDAKAS UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN TAHUN 2019 RAMAI

Kedakas, Sanggau (STH) - Pemerintah Desa Kedakas akhirnya memfasilitasi pelaksanaan Musyawarah Desa (MUSDES) tingkat Desa setelah selama sepekan lalu mengadakan Musyawarah Dusun di tingkat dusun seDesa Kedakas, pada Rabu, 8 Agustus 2018.
Musdes ini diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa Kedakas serta difasilitasi oleh Pemerintah Desa Kedakas dan di hadiri sekitar 85 Orang undangan yang terdiri dari unsur-unsur dinas terkait di Kecamatan Tayan Hulu diantaranya Camat, Kapolsek, Danramil, Diknas, BP3K, Manbun, Dinas Kesehatan, Pendamping Desa, Aparatur Desa, PKK, KPMD, LPM, Tokoh Masyarakat, beberapa perwakilan Pihak Perusahaan Swasta dan masyarakat undangan lain nya.
Pada penyampaian nya Kepala Desa Kedakas Supiandi menyampaikan "kegiatan hari ini adalah penyampaian usulan dari masyarakat-masyarakat dari dusun dan RT masing2 yg nanti akan kita rekap dalam RKP-Des dan selebihnya yang tidak bisa dilaksanakan oleh Desa akan diusulkan untuk DU-RKP".
Melanjutkan penyampaian Kepala Desa, Pendamping Desa bidang Pemberdayaan Erwin Rano menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan "Musdes adalah musyawarah tahunan tingkat desa yg diselenggarakan BPD guna mereview kembali  kegiatan desa baik bidang pembangunan,pemberdayaan,pembinaan yg masuk dalam  dokumen RPJMDEs.dan direncanakan kembali pada tahun anggaran 2019 dengan kesepakatan dalam musyawarah ini." Ucapnya.
Beliau juga menambahkan "Mereview/mencermati dokumen kegiatan yg sudah maupun yg belum dilaksanakan dan akan disusun kembali sesuai dengan kesepakatan desa dalam musdes,  Sesuai dengan Permendagri 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Desa pasal 20,21,22." Pungkasnya.
Sedangkan dari Dinas Kesehatan Kecamatan Tayan Hulu Ibu Agustina menyampaikan "menurut data kami 43,97% penduduk desa Kedakas sudah memiliki MCK dirumah masing-masing, sedangkan sisa nya masih menggunakan jamban di sungai. Kita berharap agar masyarakat bisa meninggalkan jamban sungai dan beralih menggunakan MCK darat, sehingga tidak mencemari air sungai." Pungkasnya.
Selanjutnya dari BP3K Bpk Deni menyampaikan "Desa Kedakas ini memiliki potensi pertanian dan perkebunan, silakan masyarakat mengolahnya hingga menghasilkan, mengingat pangan adalah prioritas." Pesan nya.
Manbun Kecamatan Tayan Hulu Bpk Ahmad Kusnandar menambahkan "Masyarakat harus bisa menggunakan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah serta harus wajib melengkapi pengajuan dengan proposal." Tambahnya.
Sedangkan dari unsur Diknas Bpk Donatus menyampaikan bahwa "kita di Kecamatan Tayan Hulu kekurangan guru PNS, bahkan ada beberapa sekolah yg hanya memiliki 1 orang guru PNS. Maka melalui komite kita usulkan partisipasi masyarakat untuk guru honor." Ungkapnya.
Dari Polsek Tayan Hulu melalui Bhabinkamtibmas Brigadir Andika RD Napitupulu mengingatkan "Kepala Desa harus berhati-hati dalam pengelolaan Dana Desa. Serta bagi masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta sukarelawan masyarakat mari bersama mencegah Karhutla di desa Kedakas ini." Ujarnya.
Kemudian acara berlanjut dengan penyampaian aspirasi warga yg diwakili oleh beberapa perwakilan tokoh masyarakat, yang pada inti nya meminta kepada pihak Perusahaan agar bersedia kiranya membatu pemerintah dalam hal penyaluran CSR (Corporate Social Responsibility) nya untuk kegiatan Pembangunan serta Pembinaan diwilayah desa Kedakas ini.
Menanggapi aspirasi masyarakat Kasi Pem Kecamatan Tayan Hulu Bpk. Mardin menyampaikan bahwa "Mengingat anggaran Pemerintah sifatnya terbatas alokasi nya, maka sangat diharapkan pihak swasta dalam hal ini Perusahaan-perusahaan Perkebunan yang ada diwilayah ini untuk bisa bersinergi membantu pemerintah dalam Pembangunan dan Pembinaan." Pungkasnya.
Dan pada akhir penyampaian, mewakili masyarakat dan tokoh masyarakat Ketua BPD Desa Kedakas Bpk Yusman menyampaikan bahwa "Masyarakat desa Kedakas sangat mengharapkan bantuan dari pihak-pihak Perusahaan swasta melalui CSR nya untuk bersinergi bersama pemerintah Desa untuk membantu Pembangunan, pembinaan serta pemberdayaan masyarakat diDesa Kedakas ini." Sampainya.
Kegiatan Musdes berlangsung aman, lancar dan berakhir sekitar pukul 13.30 wib. Yg ditutup dengan Doa Penutup oleh salah seorang tokoh agama peserta Musdes Kedakas.
HEN
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP KRIMINALISASI

STOP KRIMINALISASI
MAD

Ucapan Selamat

Ucapan Selamat
Selamat Natal dan Tahun Baru

IKLAN

IKLAN
Pasang Iklan disini 0852 4996 2992

LOGO

LOGO
Garuda Pancasila

Categories

Label

Total Tayang Postingan

Mari Berkontribusi

Mari Berbagi Informasi...!!!
Tuangkan informasi di sekitar anda dengan mengirimkan Narasi/Tulisan beserta dokumentasi nya kepada Kami. di No WA.0852.4996.2992

Pages