RAMBAI UCAP SYUKUR BALAS NIAT DI PEDAGI ABAE BUO

Rambai, (STH) - Warga Masyarakat Adat kampung Rambai Dusun Kedian Desa Kedakas Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau melaksanakan kegiatan Syukuran atas penetapan Kemenangan Pasangan Bupati terpilih Kabupaten Sanggau pada sabtu 18/08/2018 Lalu.

Kegiatan Syukuran Molah Niyat ini di selenggarakan oleh warga atas terpilih nya Bupati Kabupaten Sanggau Bapak Paolus Hadi-Yohanes Ontot sesuai dengan penetapan KPUD Kabupaten Sanggau pada Senin 18/08/2018 lalu.

Kegiatan diselenggarakan di salah satu cagar budaya Pedagi Abae Buo' Dusun Kedian Desa Kedakas kecamatan Tayan Hulu kabupaten Sanggau. Kegiatan ini bertujuan untuk mengucapkan syukur kepada Penompo (Tuhan Yang Maha Esa) dan Shiyoang Mandala Uda (Dato' Nala Uda) dan Shiyoang Nek Ntos beserta Shiyoang Abae Buo' (Dato' Batara Guru) yang biasa disebut juga Panglima Uda.
Pedagi ini dipercaya oleh warga Masyarakat Adat kampung Rambai sebagai tempat Suci, sebagai tempat Pemujaan bagi Sang Pencipta (TYME) serta tempat berdiam nya roh para leluhur (Shiyoang) yang memiliki kemampuan sakti semasa hidupnya dimasa lalu.

Roh leluhur (Shiyoang) ini percayai oleh warga Masyarakat Adat setempat masih berdiam dalam sebuah patung yang memang dibuat oleh warga setelah kematian sang leluhur dengan mengadakan acara Adat Khusus.

Pedagi ini dibangun setelah kematian sang leluhur pada tahun yang tidak diketahui kejelasannya. Kemudian oleh warga Masyarakat Adat kampung Rambai pada tahun 1973, saat kepemimpinan kepala Kampung Bpk. Juari, Pedagi ini dipindahkan ketempat yang baru, serta dibangunkan sebuah Pondok sebagai pelindung Patung-patung ini dari curahan hujan dan sinar matahari langsung.

Pada saat pemindahan Pedagi ini tahun 1973 silam, warga Masyarakat Adat kampung Rambai juga melaksanakan kembali Ritual Adat Besar secara Khusus.
Pada acara Molah Niyat kali ini, warga mempersembahkan seperangkat Adat/Perawat sebesar empat hiyae yang terdiri dari 4 poto Babi, 4 ekor ayam kampung, 4 bumbuang ketan masak, 4 mangkok beras ketan, 4 mangkok beras kampung, 4 botol Tuak beserta berbagai macam perlengkapan Pamang/ritual lain nya.

Kegiatan dilaksanakan satu hari, dimulai pagi hari hingga berakhir pada sore hari.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP KRIMINALISASI

STOP KRIMINALISASI
MAD

Ucapan Selamat

Ucapan Selamat
Selamat Natal dan Tahun Baru

IKLAN

IKLAN
Pasang Iklan disini 0852 4996 2992

LOGO

LOGO
Garuda Pancasila

Categories

Label

Total Tayang Postingan

Mari Berkontribusi

Mari Berbagi Informasi...!!!
Tuangkan informasi di sekitar anda dengan mengirimkan Narasi/Tulisan beserta dokumentasi nya kepada Kami. di No WA.0852.4996.2992

Pages